Rabu, 17 Oktober 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/Semester : V/1
Pertemuan Ke- : 9, 10, 11, dan 12
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (8 x 35 menit)

Standar Kompetensi : Membiasakan akhlak terpuji

I. Kompetensi Dasar
1. Membiasakan sikap optimis, qanaah, dan tawakal dalam kehidupan seharihari
2. Membiasakan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum

II. Indikator
1. Mampu memahami akhlak terpuji optimis, qanaah, dan tawakal
2. Mampu menjelaskan akhlak terpuji optimis, qanaah, dan tawakal
3. Mampu membiasakan akhlak terpuji optimis, qanaah, dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari
4. Mampu memahami hikmah akhlak terpuji optimis, qanaah, dan tawakal
5. Mampu membiasakan diri berakhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum
6. Mampu memahami dan menjelaskan adab ketika di tempat ibadah dan di tempat umum
7. Mampu menunjukkan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum
8. Mampu memberikan contoh berakhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum
9. Mampu membiasakan diri untuk bersikap yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum

III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mendengarkan penjelasan tentang akhlak terpuji optimis, qanaah, dan tawakal.
2. Siswa mampu melakukan tanya jawab tentang akhlak terpuji optimis, qanaah, dan tawakal.
3. Siswa mampu menjelaskan akhlak terpuji optimis, qanaah, dan tawakal.
4. Siswa mampu mampu menerapkan akhlak terpuji optimis, qanaah, dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
5. Siswa mampu mendengarkan penjelasan tentang akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
6. Siswa mampu melakukan tanya jawab tentang akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
7. Siswa mampu menjelaskan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
8. Siswa mampu menerapkan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum dalam kehidupan sehari-hari.



IV. Materi Ajar
Akhlak terpuji (optimis, qanaah, dan tawakal serta berakhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum)

V. Metode Belajar
1. Informasi 4. Tugas Kelompok (Diskusi)
2. Tanya Jawab 5. Tugas Mandiri (Studi Kasus)
3. Demonstrasi

VI. Sumber Belajar
1. Buku Membina Akidah dan Akhlak MI Kelas V terbitan PT Tiga
2. Al-Qur’an dan Terjemahnya Departemen Agama
3. Buku-buku lain yang relevan
4. CD kisah-kisah islami yang relevan dengan judul

VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Apersepsi)
1. Guru mengkondisikan para siswa agar siap mengikuti pelajaran.
2. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan berdoa bersama.
3. Guru menanyakan kabar anak-anak
4. Guru menanyakan secara sekilas kepada siswa pelajaran yang sudahdipelajari pada pertemuan sebelumnya.
5. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang arti optimis, qanaah, dan tawakal.
6. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang berakhlak yang baik di tempat ibadah dan di tempat umum.

B. Kegiatan Inti
1. Guru memberikan penjelasan tentang pengertian optimis, qanaah,dan tawakal.
2. Guru memberikan penjelasan tentang contoh-contoh sikap optimis, qanaah, dan tawakal. Kegiatan ini dapat dibantu dengan alat peraga gambar yang relevan.
3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas.
4. Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
5. Guru memberikan tugas kepada siswa tentang keuntungan mempunyai sifat terpuji atau contoh nyata sifat-sifat optimis, qanaah,dan tawakal dalam kehidupan nyata. Tugas dapat diberikan secara individu maupun kelompok.
6. Guru memberikan tugas kepada siswa tentang keuntungan mempunyai akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum. Tugas dapat diberikan secara individu maupun kelompok.
7. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan hasil penugasannya.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1. Guru me-review kembali pengertian optimis, qanaah, dan tawakal dengan melempar pertanyaan kepada anak-anak.
2. Guru me-review kembali pengertian berakhlak yang baik di tempat ibadah dan di tempat umum dengan melempar pertanyaan kepada para siswa.
3. Guru memotivasi siswa dengan menjelaskan beberapa hikmah yang terkandung dalam sikap optimis, qanaah, dan tawakal.
4. Guru memotivasi siswa dengan menjelaskan beberapa hikmah yang terkandung dalam berakhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan di tempat umum.
5. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah dan berdoa bersama- sama.

VIII. Penilaian
A. Tes Lisan
Siswa diminta menghafal doa-doa yang memperkuat sikap tawakal, optimis, dan qanaah.
B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis sesuai dengan kemampuan siswa. Soal dapat berupa essay atau penulisan opini.
C. Tes Perbuatan
1. Siswa diminta menemukan kasus dalam kehidupan sehari-hari tentang sikap optimis, qanaah, dan tawakal.
2. Siswa diminta menemukan kasus dalam kehidupan sehari-hari tentang berakhlak yang baik di tempat ibadah dan di tempat u

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar